Saturday, June 16, 2018

manfaat dari tomat


Manfaat kesehatan tomat termasuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, membantu mengelola gejala prostat membesar, mendukung kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko mengalami episode tromboemboli, mengurangi tingkat lipid per-oksidasi dan mendukung kesehatan mata. Manfaat lain termasuk mencegah perkembangan kondisi neurologis, mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Tomat, yang dikenal dengan nama botani lycopersicon esculentum, adalah buah-buahan (ya, bukan sayuran), dan bahkan dapat dikategorikan sebagai beri jika Anda spesifik. Tomat dapat berkisar dalam warna dan ukuran dari kuning, oranye dan merah hidup, dan berukuran sesedikit setengah inci dengan diameter, berkisar hingga 4 inci dan bahkan lebih besar. Meskipun digolongkan sebagai buah, mereka tidak memiliki karakteristik kemanisan “buah” yang telah kita kuasai, tetapi memiliki rasa manis yang sangat ringan yang kontras dengan rasa asam tajamnya.

Meskipun berhubungan kuat dengan Italia dan Mediterania, ini bukan di mana mereka benar-benar berasal. Sebaliknya, perbedaan ini milik tepi Barat Amerika Selatan, termasuk bidang-bidang seperti Kolombia dan Ekuador. Penjelajah dibawa kembali ke Eropa benih tanaman ini setelah budidaya selanjutnya di daerah Meksiko, membuat mereka sekarang menjadi pokok di banyak masakan Eropa.

Info Nutrisi (per porsi 100g)
Kalori-18
Total Karbohidrat 4g
Dietary Fiber -1.5g 5% RDA
Gula -2.5g
Vitamin A -840IU 17% RDA
Vitamin C -13mg 21% RDA
Vitamin E 0,5 mg 3% RDA
Vitamin K 8mcg 10% RDA
Niacin - 0,6 mg 3% RDA
Vitamin B6 -0.1mg 4% RDA
Folat - 15,0mcg 4% RDA
Calcium -10mg 1% RDA
Magnesium - 11mg 3% RDA
Fosfor - 24mg 2% RDA
Kalium - 240 mg 7% AKG
Tembaga - 0,1 mg 3% RDA
Mangan - 0,1 mg 6% RDA

Manfaat Kesehatan Tomat
Manfaat Kesehatan Tomat

1. Tomat Melestarikan Kesehatan Jantung
Konsumsi tomat secara teratur memiliki banyak efek menguntungkan pada jantung, terutama karena adanya beta karoten dan Lycopene anti-oksidan yang langka. Penelitian telah mengungkapkan bahwa diet yang mengandung jumlah terendah dari dua nutrisi ini terkait dengan risiko besar penyakit jantung dan stroke. Mereka membantu mengurangi dampak kerusakan oksidatif pada jantung, mencegah pembentukan bekuan darah yang berbahaya, dan juga mengerahkan efek menurunkan kolesterol. Mungkin sudah waktunya Anda mendengarkan mama Anda dan memakan tomat Anda, kan?

2. Konsumsi Tomat Mengurangi Resiko Kanker
Ada semakin banyak bukti untuk mendukung fakta bahwa meningkatkan konsumsi tomat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker prostat, usus besar dan payudara. Efek ini sangat dikaitkan dengan keberadaan Lycopene, meskipun nutrisi lain pasti memainkan peran pendukung. Semakin banyak penelitian dilakukan, dapat dipastikan bahwa popularitas dan konsumsi tomat hanya akan meroket lebih banyak lagi.

3. Bantu Kelola Gejala Prostat yang Membesar
Ada peran khusus untuk tomat ketika datang ke kesehatan prostat pria, karena senyawa Lycopene mampu bertindak ringan seperti beberapa obat yang digunakan untuk mengontrol pembesaran prostat. Di bawah pengaruh DHT androgen, sel-sel prostat dapat merespon dan baik dengan cepat meningkatkan ukuran, atau jumlah. Sementara pertumbuhan ini terutama tidak berbahaya, itu dapat menyebabkan situasi yang sangat tidak nyaman dan memalukan, karena aliran normal urin menjadi bermasalah. Tomat mampu menghalangi produksi beberapa hormon ini, yang mengurangi tindakan yang dapat terjadi pada kelenjar prostat. Plus, karena fakta bahwa Lycopene dan tomat sendiri adalah sumber anti-oksidan yang sangat baik, itu dapat mencegah pertumbuhan yang umumnya jinak ini dari tersandung dan menjadi kanker.

4. Tomat Baik untuk Kulit Anda
Secara volume, tomat sekitar 95% air, yang membuat mereka sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Tapi itu bukan semua yang mereka lakukan untuk Anda, karena Lycopene memiliki sinar UV yang mencerminkan properti, mengurangi kemungkinan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Temuan telah mengamati lebih dari 40% pengurangan dalam pengembangan sun burn pada orang yang mengkonsumsi tomat dalam jumlah banyak, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

5. Tomat Meningkatkan Kesehatan Tulang
Ketika memikirkan tulang dan pengawetan, tomat bukanlah hal pertama yang muncul dalam pikiran. Dan sementara kita tidak setelah kadar kalsium atau magnesium, kadar Lycopene sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif pada tulang. Banyak orang tidak menganggap tulang sebagai jaringan hidup, tetapi ketika Anda hidup, begitu juga tulang. Pentingnya Lycopene dikonfirmasi pada wanita pascamenopause, yang mengalami percepatan hilangnya tulang ketika konsumsi tomat dihentikan.

No comments:

Post a Comment

6 Manfaat Menakjubkan Dari Brokoli yang Harus Anda Ketahui

Brokoli mendapatkan namanya dari kata Italia -broccolo-Broccoli juga sarat dengan vitamin Bbrologi ramah kulit adalah gudang antioksidan ...